Terapi Asam Urat Dengan Daun Salam

daunsalamKronologis kejadiannya…

Sudah hampir 2 minggu ini saya ngejalanin diet, ga ketat2 banget c… cuz sebel selama ini diet seperti yoyo naik turun terus… udah berhasil kurang eh… ga lama tambah menggelembung… Kalo sekarang bener-bener diniatin banget deh, demi hari prestisius akhir tahun ini (semoga… amien…๐Ÿ˜› ). Menu yang saya hindari cuma makan-makanan yang berwarna putih (kayak nyari “ilmu” aja y… “puasa mutih” wkwkwk…๐Ÿ˜› ), ga makan nasi n kawan-kawannya yang mengandung kalori tinggi n mengurangi goreng-gorengan, trus gilanya sekarang setiap asupan makanan selalu dicatat, sehingga bisa dikontrol konsumsi makanan seharian. Jadi ga kayak dulu, losss banget… semua dilahap๐Ÿ˜› . Sekarang lebih dibanyakin makan sayur, mulai dari kecambah (taoge), kacang panjang, bayam, kangkung, wortel, pokoknya segala jenis sayuran yang ga berwarna putih. Hal ini pun diikutin Nyokap, yah… beliau ikut-ikutan makan sayur tok tapi cemilan macam kacang n snack yang menggugah selera tetap dilahap… hufff… cape deh…

Nyokap ni punya penyakit asam urat kambuhan, semenjak beliau ada di Jawa awal April lalu hingga sekarang, tuh penyakit doyan banget ngikutin, dan beberapa minggu belakangan ini alhamdulillah udah sembuh, akan tetapi…

Menu harian saya selalu diikuti oleh kangkung n beberapa lainnya yang notabene pantangan penyakit asam urat, eh… Nyokap ni bandel ikutan makan juga, alhasil sejak kemarin beliau mengeluh akan sendi lututnya yang nyueeerrriiii bangetzzz… sedangkan stok obat udah abiezZZzzz…

Semalam saya search tentang pengobatan penyakit asam urat secara alami yang lebih aman tanpa bahan-bahan kimia (bahaya obat-obatan kimia yang biasa digunakan untuk asam urat lihat disini) , kemudian informasi juga didapat disini , disini , dan disini. Berikut hasilnya :

Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein. Zat puri dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya asam urat dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan. Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersedian yang amat sangat. Jika penyakit ini sudah sangat parah, penderita bahkan tidak bisa berjalan.

Ramuan Tradisional / Alami Untuk Mengobati Asam Urat :

  1. Buah sirsak, dimakan / diminum (dijuice) setiap hari.
  2. Daun salam, 10 lembar direbus dengan air 700cc hingga menyisakan 200cc,ย  diminum setiap pagi dan sore hari.
  3. Labu siam, diparut kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum setiap hari.
  4. Cuka apel (2 sdm) dicampur dengan madu (1 sdm) dimasukkan pada air air hangat -+ 50 cc, diminum setiap pagi setelah bangun tidur dan menjelang tidur malam, selama 1 minggu.
  5. Kentang mentah dan apel malang, diminum (dijuice).

Makanan Yang Harus Dihindari :

  1. Minuman fermentasi dan mengandung alkohol, seperti tape, anggur, bir, wiski, dan tuak.
  2. Seafood (makanan laut), seperti laut udang, remis, tiram, kepiting.
  3. Berbagai jenis makanan kaleng, seperti sarden, kornet sapi, abon.
  4. Berbagai jeroan, seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus.
  5. Buah-buahan tertentu, seperti durian, alpokat, dan es kelapa.

Makanan Yang Harus Dikurangi Asupannya (Dalam Arti Dengan Porsi Sedikit Masih Bisa Dimakan) :

  1. Ikan, daging ayam, daging kambing, daging sapi.
  2. Tempe, emping, kacang, oncom.
  3. Beberapa jenis sayuran tertentu, seperti brokoli, bayam, kangkung, kol, dan tauge.
  4. Makanan kaya protein.

Nah… hari ini hari pertama Nyokap mencoba salah satu resep ramuan yang ada, yaitu menggunakan terapi daun salam. Walaupun begitu, tadi juga sempet nebus resep obat c… buat jaga-jaga๐Ÿ˜› . Nanti bagaimana hasilnya, akan saya update terus deh perkembangannya, do’akan saja y… semoga Nyokap jadi lebih cepat sehat selalu… amiennn…

NB : Asam urat biasa diderita oleh orang yang bertubuh subur (alias kelebihan berat badan๐Ÿ˜› ). Untuk mengurangi kadar asam urat, dapat dilakukan dengan diet sehat๐Ÿ™‚ .

6 Comments

  1. neng said,

    June 23, 2009 at 12:22 pm

    Ekhm,,ekhm,,, ada yang tersirat nih dari postingannya..
    “Momen prestisius” ???
    Mmm…Apa yaaa?

  2. Nita said,

    June 30, 2009 at 4:25 pm

    selain ke-5 resep tersebut, cara yang mudah dan murah juga jalan-jalan pagi maupun sore, membuat badan kita sehat dan segar, dan perbanyak minum air putih.

    • imagisan said,

      July 2, 2009 at 10:57 am

      @ neng
      ssttt… just secret…๐Ÿ˜›

      @ nita
      hehe… iya y… mba, untuk kesehatan seharusnya berolahraga juga wajib… thanx udah ditambahin…
      salam kenal…๐Ÿ™‚

  3. jaka said,

    March 28, 2011 at 10:10 pm

    mau tanya nich,,,,
    biasanya sampai berapa hari menkonsumsi air rebusan daun salam agar asam urat bisa turun???
    thanx atas jawabanya…..

  4. Gusti Zainal said,

    August 23, 2012 at 8:58 pm

    mau tanya juga …daun salamnya yg muda apa yg sedang atau tua?

  5. July 25, 2014 at 8:52 am

    This is really interesting, You are a very skilled blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post.
    Also, I have shared your website in my social networks!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: